RPP Tematik Tema Kesehatan Kelas 1 Semester 1
Friday, November 2, 2018
RPP Tematik Tema Kesehatan Kelas 1 Semester 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
Tema : Kesehatan
Minggu : 19 / Selasa
Kelas / Semester : I / I
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit
I. Standar Kompetensi
· Matematika
3. Mengenal beberapa bangun ruang.
· PKn
2. Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah.
· Agama
Dilaksanakan oleh Guru Pendidikan Agama.
II. Kompetensi Dasar
· Matematika
3.2 menentukan urutan benda-benda yang sejenis menurut besarnya.
· PKn
2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.
· Agama
Dilaksanakan oleh Guru P. Agama.
III. Indikator
· Matematika
Mengurutkan benda-benda ruang dari terkecil dan terbesar.
· PKn
Menunjukkan contoh pelaksanaan tata tertib di rumah
Menunjukkan contoh pelaksanaan tata tertib di sekolah.
· Agama
Diisi oleh Guru P. Agama.
PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
Bersahabat/komunikatif: bekerja sama dalam kelompok di kelas
Disiplin: Merapikan meja dan kursi setelah belajar di kelas
Masuk kelas dengan teratur
Membuang sampah pada tempatnya
Hidup rukun: Bekerja sama dengan baik dalam kelompok belajar yang beragam suku/agama
IV. Tujuan Pembelajaran :
· Melalui demonstrasi peserta didik dapat mengurutkan benda-benda ruang dari terkecil dan terbesar.
· Melalui bermain peran peserta didik dapat menunjukkan contoh pelaksanaan tata tertib di rumah.
· Melalui bermain peran peserta didik dapat menunjukkan contoh pelaksanaan tata tertib di sekolah.
V. Materi Pembelajaran :
· Bangun ruang.
· Melaksanakan tata tertib.
VI. Metode Pembelajaran :
· Ceramah
· Tanya jawab
· Demonstrasi
· Penugasan
VII. Langkah-langkah
· Kegiatan Awal
- Salam pembuka
- Berdoa bersama
- Apresiasi menyanyi lagu “Pergi Sekolah”
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan
· Kegiatan Inti
1. Disajikan gambar contoh tata tertib sebelum masuk kelas (Eksplorasi)
2. Peserta didik secara berpasangan yang perspektif gender, mengerjakan lembar kerja 1 (Elaborasi)
3. Membacakan hasil diskusi (Elaborasi)
4. Guru memberikan umpan balik dan penghargaan pada peserta didik yang telah berhasil, dan memberi motivasi kepada yang belum berhasil (Konfirmasi)
5. Ditunjukkan beberapa benda (Elaborasi)
6. Bertanya jawab tentang urutan benda dari yang terkecil ke yang terbesar (Elaborasi)
7. Guru memberikan umpan balik dan penghargaan pada peserta didik yang telah berhasil, dan memberi motivasi kepada yang belum berhasil (Konfirmasi)
· Kegiatan Penutup
- Dengan bimbingan guru peserta didik menyimpulkan materi yang telah disampaikan
- Evaluasi
- Refleksi: Guru membimbing peserta didik untuk melakukan refleksi dengan bertanya: Bagaimana pembelajaran hari ini? Apa yang belum kalian pahami? Kegiatan apa yang paling menyenangkan?
- Pemberian tugas rumah
- Setelah pelajaran selesai, diakhiri dengan do’a
VIII. Media / Sumber
· Media :
- Gambar yang relevan
- Benda sekitar
· Sumber belajar :
― Buku Matematika kelas I bse
― Buku PKn kelas I bse
― Buku referensi yang relevan
― Pengalaman anak
― Pengalaman guru
IX. Penilaian
§ Alat penilaian : Tes dan Non Tes
§ Jenis Penilaian : Tes tertulis, lisan, dan unjuk kerja
§ Bentuk penilaian : Isian
Mengetahui Kepala Sekolah .................................................. NIP. ......................................... | ........................, ………………. Guru Kelas I .................................................. NIP. ......................................... |
Lembar Kerja 1
Soal Evaluasi
isilah dengan jawaban yang tersedia
1 sebelum berangkat sekolah a berdoa
2 kita harus . . . kepada orang tua b tertib
3 sebelum makan kita c pamit
harus . . . . kepada tuhan d bersih. rapi
4 orang yang melanggar e bicara
5 tata tertib akan di . . . . f semua warga sekolah
6 apabila guru sedang mengajar g bermain-main
kita tidak boleh . . . . h tempatnya
7 anak anak berbaris dengan . . . . I merapikan tempat tidur
8 setelah bangun pagi kita harus . . . . j hukum
9 berpakaian harus . . . dan . . . .
10 saat makan kita tidak boleh . . . .
11 tata tertib sekolah menjadi tanggung jawab . . .
12 buanglah sampah pada . . . .